PARTISIPASI BASARNAS PADA HARI NUSANTARA 2015

BANDA ACEH – Dalam rangka memperingati Hari Nusantara 2015, Badan SAR Nasional (Basarnas) melalui Kantor SAR Banda Aceh berpartisipasi dalam Pameran Nusantara Expo 2015 yang diselenggarakan oleh Dewan Kelautan Indonesia atas kerjasama antara Pemerintah Aceh dengan PT. Mahudun Saricipta Utama pada tanggal 9-13 Desember 2015 di Pelabuhan Perikanan Lampulo, Kota Banda Aceh. Yang diikuti oleh unsur pemerintah, perbankan, Unit Kegiatan Menengah (UKM), keseluruhan ada 114 stand, terdiri dari BUMN, BUMD, Kementerian, Pemerintahan, TNI, Polri, Basarnas , swasta, dan pengrajin batu akik. 


Pameran Nusantara Expo 2015 merupakan salah satu pameran nasional produk Indonesia yang diselenggarakan oleh Dewan Kelautan Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Nusantara Expo 2015 bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa potensi maritim yang dimiliki oleh wilayah Indonesia begitu besar.
 
Dalam pameran ini Basarnas melalui Kantor SAR Banda Aceh menyajikan beberapa alat peraga dan berbagai macam peralatan yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas SAR di perairan/ laut, yaitu peralatan evakuasi laut dan miniatur replika sarana SAR angkutan laut. Melalui pameran ini personel Basarnas mensosialisasikan kepada pengunjung yang datang ke pameran. Dengan begitu pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan alat peraga yang disediakan Basarnas. Selain memberikan pengalaman ilmu yang menghibur, bermanfaat, dan menambah wawasan pengunjung karena alat peraganya menarik untuk dilihat dan dicoba, para pengunjung juga diberikan souvenir berupa buletin Basarnas, gantungan kunci, video dokumenter dan buku SAR GOES TO SCHOOL.
 
Sampai hari terakhir pameran Nusantara Expo 2015, kurang lebih ada 450 pengunjung dari anak-anak, remaja, maupun orang tua yang berkunjung ke stand Basarnas dapat berinteraksi langsung dengan alat-alat peraga yang tersedia. Anak-anak sangat senang berada di stand Basarnas karena dapat bermain sambil belajar dan menambah pengetahuannya. Antusias pengunjung sangat besar terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke stand Basarnas, pengunjung dapat memegang dan merasakan langsung alat peraga yang ada.
 
Dalam peringatan Hari Nusantara ke - 15 Tahun 2015 yang merupakan acara puncak, kali ini ditetapkan oleh pemerintah dilaksanakan di Kota Banda Aceh, pada tanggal 13 Desember 2015. Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (JK) yang hadir dalam acara itu didampingi oleh  Menteri ESDM, Sudirman Said, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersama Wali Nanggroe Aceh,  Teungku Malik Mahmud Al Haythar dan Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah serta Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal. Beberapa rangkaian acara dilaksanakan diantaranya adalah Upacara Peringatan Hari Nusantara, Pemberian Penghargaan, Parade Kapal, Latihan Gabungan TNI, dan Pameran Industri. Selain itu  juga terdapat beberapa agenda diantaranya, penandatanganan prasasti peresmian Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo dan Peresmian Kawasan Industri Perikanan Lampulo, termasuk meresmikan pabrik es dan cold storage (gedung tempat penyimpanan ikan agar tetap segar) yang telah dibangun tahun ini oleh investor dari Medan yang berada di Kawasan Industri Perikanan Lampulo, Banda Aceh.
 
Selain itu untuk lebih memeriahkan acara peringatan Hari Nusantara di Kota Banda Aceh juga disemarakkan dengan atraksi air yang menggunakan perahu tradisional Naga atau disebut Perahu Naga (dragon boat) bertajuk Festival Olahraga Bahari Aceh di Sungai Krueng Aceh. Dalam setiap beberapa kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Hari Nusantara tersebut tim SAR Basarnas dari Kantor SAR Banda Aceh turut dilibatkan dalam hal pengamanan, termasuk satu unit kapal SAR yang melakukan pengamanan terhadap kegiatan atraksi simulasi pembebasan sandera di laut yang dilakukan oleh para personel TNI Angkatan Laut dengan armada sebanyak delapan Kapal Perang TNI Angkatan Laut (KRI), selain kapal perang juga ada tank amphibi dan helikopter. (/humas SAR aceh tq & aka)
Link Terkait
PEJABAT