Badan SAR Nasional Selenggarakan Sosialisasi Kesiapsiagaan Operasi

Jakarta – Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kantor Pusat Badan SAR Nasional menyelenggarakan Sosialisasi Kesiapsiagaan Operasi. Sosialisasi ini dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai 12 Gedung Badan SAR Nasional, Kamis (23/3/2017) dan diikuti oleh 80 orang peserta dengan rincian 68 orang peserta dari Kantor SAR se-Indonesia yang terdiri dari Kasie/Kasubsie Potensi serta 1 orang staf dan 12 peserta dari Kantor Pusat. Sosialisasi ini bertemakan “Dengan sosialisasi kesiapsiagaan operasi mewujudkan SDM yang profesional didukung peralatan, mekanisme dan kekompakan dalam mencapai response time pelaksanaan operasi SAR.

Tujuan Sosialisasi Kesiapsiagaan Operasi ini adalah untuk memperkenalkan kepada peserta beberapa aplikasi pendukung pelaksanaan operasi SAR yang terdapat di Basarnas Command Center (BCC) yaitu aplikasi Sistem Informasi Eksekutif Kesiapsiagaan, IMSAR dan SIMASDA sehingga kedepannya aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan dan datanya terisi secara berkala. 
Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Muda TNI M Syaugi, S.Sos.,M.M. Dalam sambutannya, Kabasarnas menyampaikan bahwa dalam pencarian dan pertolongan dibutuhkan kecepatan dan harus juga didukung peralatan yang memadai dan canggih serta dioperasikan oleh orang yang menguasai bidangnya masing-masing “Dengan sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat benar-benar memahami dan nantinya dapat diterapkan di seluruh kantor SAR sehingga dalam pelaksanan operasi SAR bisa langsung dengan cepat menggerakkan kekuatan darat, laut, udara, personil serta keadaan cuaca”, ujarnya.  

Sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 23 – 24 Maret 2017 dengan pelaksanaan kegiatan yaitu materi sosialisasi berupa pengenalan dan pengoperasian aplikasi sistem informasi eksekutif kesiapsiagaan, intregated Maritime SAR Surveilance (IMSAR) dan Sistem Informasi Data Basarnas selanjutnya pelaksanaan sosialisasi. (yun)

Link Terkait
PEJABAT